Rabu, 13 April 2011

telaah buku teks

Nama : I Nyoman Artana
Kelas : v A
Nim : 2007.1.II 0025



TELAAH BUKU TEKS

JUDUL BUKU : BAHASA INDONESIA YUDISTIRA
SEBAGAI BUKU PANDUAN : SMK PGRI KLUNGKUNG
BUKU TEKS KELAS : KELAS X,SMTR 1 dan 2
EDISI BUKU : 2007
PENYUSUN BUKU : drs.nanang chairul anwar,m.p dan
Ade husnul mawadah ,M .hum


Dalam buku ini adapun yang akan kami telaah yaitu :
1. mengenai organisai dan sistematiaka
2. a. kesesuaian isi dengan silabus
b. kesesuaian pengembangan materi dengan tema
c. kesesuaian tingkat kesulitan materi dengan perkembangan kognitip awal
3. penggunaan bahasa yang tepat
4. keserasian gambar dengan wacana
5. dari segi moral dan haklat
6. idiom tabu kedaerahan





1. MENGENAI ORGANISASI DAN SISTEMATIKANYA

KEGIATAN BELAJAR 1
MENYIMAK PENDAPAT ORANG LAIN
A. pengertian menyimak
B. memahami lapel ,tekanan intonasi dan jeda

KEGIATAN BELAJAR 2
AYO, MEMBACA
A. pengertian membaca
B. membaca cepet
C. memahami jenis impormasi tulis
D. memahami impormasi non verbal/ visual
E. mengubah impormasi verbal menjadi non verbal
F. membuat catatan kesimpulan

KEGIATAN BELAJAR 3
BERMAIN DRAMA
A. membuat simpulan
B. melapalkan kata dengan artikulasi yan g tepat
C. mengucapkan kalimat dengan jelas ,lancer bernalar,dan wajar.
D. Memilih kata ,bentuk kata dan ungkapan yang tepat

KEGIATAN BELAJAR 4
APRESIASI BAHASA
A. memampaatkan kelas kata
B. menggunakan sinonom dalam paragraph




KEGIATAN BELAJAR 5
TEKNOLOGI IMPORMASI
A. membedakan pakta dan opini
B. memahami pemerian
C. memahami sumber impormasi
D. membedakan ragam bahasa dengan laras bahasa
E. membedakan proses dan hasil

KEGIATAN BELAJAR 6
MEMPERKENALKAN DIRI DALAM PORUM RESMI
A. Memilih kata bentuk kata dan ungkapan yang tepat
B. Kalimat efektif

KEGIATAN BELAJAR 7
MENULIS KREATIF
A. perencanaan karangan
B. langkah-langkah mengarang
C. karangan narasi
D. karangan deskripsi
E. karangan eksposisi

KEGIATAN BELAJAR 8
KOMUNIKASI VERBAL
A. kalimat komunikatif
B. membedakan pola intonasi ,tekanan ,nada , irama,dan jeda.
C. Ketepatan pengucapan





KEGIATAN BELAJAR 9
MEMBUAT PERTANYAAN UNTUK WAWANCARA
A. kalimat Tanya
B. membuat kalimat Tanya
C. kalimat Tanya retorik

KEGIATAN BELAJAR 10
APRESIASI SASTRA
A. apresiasi sastra
B. prosa dan puisi

di dalam sistematika buku teks ini dilihat dari kopetensi dasar silabus yang bersangkutan dengan buku tek tersebut secara keseluruhan dari kegiatan pembelajaran 1 sampai dengan 10 sudah sesuai namun terdapat beberapa ketidak cocokan mengenai urutan pertemuan antara silabus dengan buku teks tersebut.


2. a. KESESUAIAN ISI DENGAN SILABUS
Dalam buku teks ini kesesuaian antara isi dengan silabus mungkin kurang sesuai yang dimana kegiataan belajar 2 terdapat pembahasan mengenai”impormasi non verbal/visual atau mengubah impormasi verbal menjadi non verbal” tetapi di dalam silabus tidak di bahas mengenai hal tersebut dan di dalam kegiatan belajar 3 juga terdapat di dalam buku teks mengenai pembahasan tentang pembuatan simpulan namun di dalam silabus tidak di bahas mengenai hal tersebu






b. KESESUAIN PENGEMBANGAN MATERI DENGAN TEMA
Dalam buku ini saya lihat bahwa antara tema dengan pengembangan materinya kurang sesuai yang di mana dalam kegiatan belajar 3 mengenai BERMAIN DRAMA mungkin alangkah baiknya di dalam buku itu mengenalkan siswa pada pengertian drama atau unsure-unsur drama tetapi dalam buku tersebut tidak terdapat hal itu melainkan di dalam buku ini lebih menekankan pada pemilihan kata ,bentuk kata dan ungkapan yang tepat memang hal ini juga sangat penting dalam suatu pementasan drama tetapi alangkah bagusnya kita terlebih dahulu siswa di kenalkan pada arti dan pengertian drama tersebut.begitu juga saya lihat dalam kegiatan belajar 10 mengenai apresiasi sastra di dalam buku teks ini sama sekali tidak di bahas mengenai pengertian sastra tersebut.

c. KESESUAIN TINGKAT KESULITAN MATERI
Di dalam buku ini terdapat beberapa kesulitan terlihat dalam pembelajaran membaca cepat yang di mana menuntut siswauntuk melatih organ mata yang mungkin tak pernah di bayangkan oleh siswa ,dan di dalam membaca cepat juga mendapat sedikit kesulitan dalam evaluasinya karena di sana tidak bisa hanya saja pada pengenalan pada materi saja , mengenai kegiataan membaca cepat kita harus di tuntut untuk lebih menekankan praktek dan evaluasi supaya dapat di ketahui seberapa tingkat kemajuan siswa itu sendiri.

3. PENGUNAAN BAHASA YANG MUDAH DI PAHAMI
Dalam penggunaan bahasa dalam buku ini saya lihat sudah cukup sesuai dan begitu juga menggunakan bahasa yang mudah di mengerti oleh pembaca , dan di dalam buku ini juga sudah sesuai dengan kaidah atau prosudur penggunaan EYD





4. KESESUAIAN GAMBAR DENGAN WACANA
Dalam buku ini saya lihat antara kesesuain wacana dengan gambar sudah cukup sesuai di lihat dari kegiatan pembelajaran 1,,3 ,4,5,6,,7,8,9,10 namun dalam kegiatan pembelajaran 2 mungkin di sini saya lihat ada sedikit ke tidak sesuaian yang di mana dalam kegiatan belajar MEMBACA , terlihat dalam gambar 2.2 dimana di sana dalam gambar seorang ayah bersamma anaknya sedang melakukan kegiatan membaca di sebuah lahan pertanian yang di mana di sana terlihat seorang anak sedang menemani ayahnya yang sedang melakukan aktipitas disawah ,dan menyempatkan diri untuk mengambil sebuah bacaan di dalam sela -sela kesibukanya , tetapi didalam wacana tersebut menjelaskan bahwa lemahnya budaya membaca di negeri ini yang dimana para generasi skarang tidak mengikuti langkah atau semangat ploklamator kita yang sangat aktip dengan budaya membacanya karena dengan budaya membacalah para ploklamator kita mendapatkan pengetahuan pengetahuan yang di jadikan bekal untuk menjalankan pemerintahan ini .menurut saya seperti apa yang ada dalam wacana itu mungkin gambar itu kurang sesuai dan mungkin alangkah sesuainya kalo di dalam gambar itu salah seorang tokoh ploklamator kita melakukan kegiatan membaca di sela -sela kesibukanya menjalankan pemerintahan .


5. DARI SEGI MORAL DAN HAKLAT
Dalam buku ini saya temukan ada ketidak sesuain mengenai aklat dan norma yang di mana dalam buku teks ini terlihat dalam kegiatan pembelajaran 3 di dalam uji kopetensinya dimana di sana terdapat berbagai soal yang mempunyai pilihan jawaban salah satunya yang kurang sesuai seperti dalam pilihan B.” ia/adalah seorang pedagang perempuan “
Yang di mana jeda dalam penggunaan kalimat itu terdapat pada kata” ia “ disini kurang sesuai karena bahwa ia di sana mencerminkan seorang pedagang wanita atau germo


6. DARI SEGI IDIOM TABU KE DAERAHAN
Dimana di dalam buku ini terdapat ketidak sesuaian dengan idiom ke daerahan terdapat dalam kegiatan belajar 5 di dalam wacana “perkembangan telepon seluler” yang di mana di sana di uraikan bahwa telpon seluler teah berkembang sejak lama di negeri amerika dan eropa sejak tahun 1910 tetapi setelah munculnya peria asal swedia yang bernama hars magnus ericcson menerbitkan sebuah seluler baru yang bernama ericcson disana di jelaskan bahwa karya karya bangsa eropa atau amerika tidak sebagus karya ericcsn itu tadi dan menurut saya dengan membeda-bedakan suatu karya Negara dengan Negara lain dapat menimbulkan perpecahan terhadap Negara bersangkutan yang di mana di sana mempunyai kesan menjatuhkan karya Negara eropa atau ameriaka dalam bidang alat komunikasai berupa telpon seluler.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar